PENGAJIAN AL HIKAM : AHAD PAGI : KE 124 ( Oleh Pengasuh Perjuangan Wahidiyah RA )


JIKA TIDAK BILLAH; ALLOH TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS KEADAAN DIRI SESEORANG.

الغَافِلُ إذا أصْبَحَ ينظُرُ ماذا يفعلُ والعاقِلُ ينْظُرُ ماذا يفعلُ اللٌه بهِ
Seseorang yang lupa dalam tauhidnya bahwa segala sesuatu itu berjalan menurut ketentuan taqdir Alloh SWT, jika pagi hari ia bingung apakah yang harus dikerjakan.  Sedang orang yang sempurna akal tauhidnya memikirkan apakah yang akan ditakdirkan oleh Alloh baginya hari itu"

Orang yang lupa atas tauhid kepada Alloh, lupa kalau semua sesuatu baik yang enak, tidak enak, bahagia, celaka, sehat, itu semua adalh qodho' qodarnya Alloh. Bekerja lancar atau seret, itu semua kehendak Alloh. Orang yang lupa bahwa semua itu adalah BILLAH (Istilah Wahidiyah ), maka ketika ia bangun tidur pagi pagi,yang tampak adalah apa yang akan saya kerjakan.hingga diaku  "Saya akan pergi. Saya akan bekerja,  Saya akan ke kantor, ke sawah . Yang ada AKU. " AKU AKAN MELAKUKAN PEKERJAAN" 

Semua pengakuan itu muncul akibat ia lupa atas qodho qodarnya Alloh SWT. Istilah Wahidiyah ia sedang tidak BILLAH. Kalau kita mulai bangun  tidur  sudah mengaku bisa melakukan gerak dan pekerjaan,sementara itu lupa pada tuhan yang menciptakan, itu tandanya hatinya tertutup.

Wal akil ...... sedangkan bagi orang yang punya akal,orang yang ngerti, memahami, ingat, hatinya tidak tidur, ia tidak lupa dari tauhidnya Alloh. Ia tidak lupa bahwa dirinya dalam penguasaan Alloh. hingga ia tidak samar lagi kepada Alloh. Semua gerakannya Billah.
Sebab kalau orang sudah benar benar sadar kepada Alloh, bertauhid kepada Alloh, sudah betul betul billah.
ia menyadari betul bahwa kala dirinya melihat dan merasakan sesuatu, semata mata billah. saat enak, saat tidak enak, saat senang dan tidak senang,saat kerja lancar ataupun tidak lancar, semua adalah Billah. Alloh yang menghendaki.

inilah perbedaan antara orang yang sadar billah dengan yang tidak. Maka ketika bangun di pagi hari langsung sadar . spontan merasa bahwa dirinya digerakkan Alloh. sebaliknya orang yang lupa kepada Alloh, ia merasa bisa bangun sendiri, merasa bisa bergerak sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENCIPTAAN ALAM SEMESTA VERSI TAUHID (Lanjutan 2 )

APAKAH WAHIDIYAH ITU ?