PENCIPTAAN ALAM SEMESTA VERSI TAUHID, (Lanjutan 3)

PENCIPTAAN ALAM SEMESTA yang sudah kita pahami sebelumnya adalah penciptaan alam semesta dalam wujud NURULLOH, Nur ini mewakili keberadaan Dzat Alloh Yang Maha Mewujudkan
Dzat Alloh pula yang berkehendak menciptakan semua ciptaan dari  berasal dari NURULLOH.

NURULLOH DALAM HADIST QUDSI  TERSEBUT DALAM KAJIAN SEBELUMNYA DAKSUDKAN ADALAH NUR MUHAMMAD YANG MENJADI CIKAL BAKAL NUR MAHLUQ SELURUH ALAM.

Sebelum kita menyadari betul bahwa kejadian semua mahluq berasal dari NUR MUHAMMAD, maka , termasuk isinya alam terdapat mahluq yang paling istimewa menurut Alloh, yang disebut dengan AL INSA / MANUSIA.  maka kita sebagai ANNASUN , akan mengalami ketidak tepatan dalam melaksanakan DUA KALIMAT SYAHADAH YANG BERBUNYI : ASYHADU AN LAA ILAAHA ILLALLOH, WA ASYHADU ANNA MUHAMMADUR ROSUULULLOH.

Kenapa dikatakan tidak tepat, ?
Secara ruhani, batin orang tersebut masih terhalang dengan NUR MUHAMMAD SAW.
Secara HAQIQOT MASIH TERHALANG KEPADA NUR, YANG MENJADI CIKAL BAKAL ALAM SEMESTA. DAN TENTUNYA TERHALANG PULA KEPADA DZAT ALLOH SWT.

akhirnya bukan mustahil, orang tersebut  bersaksi / bersyahadat hanya secara lahiriyah ( syari'at ) saja. Kondisi inipun tidak salah, hanya saja belum bersyahadat batin ( hakikat ) .
 Padahal , manusia itu lahir batin, jasmani rohani, luar dalam, atau bahasa ngetrend dalam ilmu tauhid di sebut SYARI'AT DAN HAKIKAT.

NAH ! Akibat dari ketidaktepatan ini, berakibat fatal semuanya. Hingga dalam memdalami tauhid, terjadi pemisahan yang katanya, OOH ITU GOLONGAN SYARIAT, OOH ITU GOLONGAN HAKIKAT.  bahkan lebih runyam lagi dikatakan bahwa tauhid itu ada tingkatan tingkatan,  ahirnya dibuat tingkatan SYARIAT, TARIKAT,MA'RIFAT, HAKIKAT. UUH, RUNYAM JADINYA.

Kami tidak menyalahkan hal tersebut. Kami hanya mendudukkan perkara pada tempatnya terutama bagi yang masih berpendapat seperti itu.

Insyaalloh maksud para ulama terdahulu, dimaksudkan sebagai sistem pengajaran, kurikulum penyampaian program pendidikan tauhid. Metoda penyampaian. Alat untuk menjelaskan makna satu per satu. Sehingga dipahami satu persatu,  bukan amburadul seperti cara kami , yang mana syari'at dan hakikat jadi satu,  sebab kalau anak TK, dak bisa menerima. Tapi kalau sudah dewasa, mudah mudahan tidak memandang tauhid itu seperti anak yang masih TK.

AL FAATIHAH.
MUJAHADAH .....

TO BE CONTINUED.....


ALLOH DZAT AL HAQQU 

disebut AL AHAD 


ALLOH SIFAT 

disebut AL WAHID 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENCIPTAAN ALAM SEMESTA VERSI TAUHID (Lanjutan 2 )

APAKAH WAHIDIYAH ITU ?